Friday, September 22, 2006

Interest

Kamis lalu, pas kuliah Institutional Asset & Liability Management - kuliah tentang manajemen bank gitu deh, ada kejadian menarik (dan juga lucu sih) di kelas. Dosen kuliah ini berasal dari Bangladesh namanya Dr. Mohammad Hoque – seorang muslim. Orangnya lucu, ngomongnya kenceng dan aksen ala Indianya masih kental banget. Minggu ini topiknya kuliahnya adalah Liability Management, yang salah satunya membahas tentang sumber kewajiban bank yaitu deposit.

Dia menjelaskan bahwa Deposit terbagi 2: interest deposit dan non-interest deposit. Interest deposit jelas berupa tabungan yang mendapat bunga, seperti saving deposit, term deposit, certificate deposit etc. Sedangkan non-interest deposit adalah deposit yang tidak memberikan bunga, salah satu alasannya karena konsumen memang tidak mengingankannya. Ia memberikan contoh bahwa sebagian muslim tidak mau menerima bunga dari bank. Makanya ada produk bank yang non-interest deposit.

Lalu, temanku di kelas, Thu – cewek dari Vietnam, kontan bertanya,
Thu:Why Moslem don’t like interest?
Lalu dosenku menjawab:
Hoque: OK. In our holy book: Koran, God says: “don’t eat interest, if you do so, I will throw you to HELL”. Because many Moslem, don’t like to go to HELL, so they choose not to eat interest.
Jawabannya yang simple, langsung tapi mengena plus aksen dan gaya geleng2 kepalanya, jelas mengundang gelak tawa temen2 sekelasku yang berasal dari kurang lebih 11 bangsa. Si penanya-Thu, tersenyum juga, dan menjawab terima kasih karena sudah dijelaskan, karena dia memang tidak tahu alasannya. Hehehe.
Message-nya buat kita2 yang muslim: kalo gak mau masuk neraka jangan makan bunga bank, alias riba, hohohoh.
***
Sekalian ingin mengucapkan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1427 H ya buat teman2 semua. Mohon Maaf Lahir Bathin, semoga kita bisa menjadi pemenang di akhir Ramadhan nanti.

3 comments:

cikubembem said...

mohon maaf lahir dan batin. met puasa ya

Gatoso said...

Thx Andian. Met Menunaikan ibadah puasa juga. Mohon maaf lahir bathin..:)

Anonymous said...

Hahaha, mantep explanationnya... Salam buat Mr. Hoque ya :P.
Hv a smooth ramadhan pal...