Thursday, December 07, 2006

Jalan Itu Masih Panjang (2)

Ada yang sedikit beda saat sore ini aku membuka my.monash menu. Ada yang berubah di bagian kiri menu yang menunjukkan mata kuliah yang akan kuambil 2 semester ke depan. Jika biasanya per-semester ada 4 mata kuliah, sehingga total 8 untuk 2 semester, maka kali ini yang terlihat hanyalah 5 mata kuliah. Loh kenapa? Iya, karena aku sudah dapat approval untuk mengambil research dissertation tahun depan. Di semester 3, aku akan mengambil research method, research proposal dan competitive advantage 1 (mata kuliah wajib), total aku ambil 3 mata kuliah. Di semester 4, aku 'hanya' ada 2 mata kuliah, yaitu competitive advantage 2 (wajib) dan research dissertation-yang sama dengan 4 mata kuliah, sehingga total aku ambil 5 mata kuliah di semester terakhirku. Kok bisa? iya, hasil lobi2 dan kenekatanku. Setengah berjudi memang...tapi itulah keputusan yang sudah aku ambil. Kita tak kan pernah merasa tahu sebelum kita mencoba...:). Hari2 kita terlalu indah untuk diburamkan dengan pencapaian yang sisa-sisa.

Hari Senin lalu, 'di luar dugaan' aku langsung dicarikan calon supervisor untuk thesis-ku dan kebetulan memang dosen yang aku inginkan. Dengan setengah gugup aku pun berdiskusi dengan beliau. Walhasil, seminggu ini aku langsung disibukkan dengan mencari tema thesisku. Semua dimulai dari nol, benar2 harus cari ide yang orisinil, menarik dan memungkinkan buat dijadikan bahan riset. Ceritanya panjang sih, sehingga aku ada rencana untuk bikin cerita berseri tentang perjuanganku menulis thesis, mulai dari titik sekarang (cari tema) sampai nanti saat harus ujian thesisnya. Jika tertarik buat mengikuti, teman2 bisa buka blog-ku yang gatosoideas, aku usahakan untuk update seminggu sekali.

Terakhir, mohon doanya selalu...jujur aja baru awal2 gini udah stress..apalagi nanti kalo udah mulai analisis data dan menulis hasilnya. Huhhuhu....tetap semangatt...!!

1 comment:

Anonymous said...

Ini nih yang nggak enaknya jadi mahasiswa. Dan neraka terbesarnya ialah "skripsi" (atau thesis, desertasi, whatever you name it)

huum....