Thursday, April 07, 2005

NICE GUY FINISH LAST
Renungan Seorang Lelaki di Usianya yang ke-25

“Masa Depan adalah Milik Mereka Yang Percaya Pada Indahnya Mimpi-Mimpi Mereka”
Eleanor Roosevelt

Menatap senja ini seakan menatap hari yang biasa, tanpa ada perbedaan.
Namun segera aku tersadar, tepat puku 12 nanti, aku segera menjelang usia 25 tahun. Hmmm…tanpa terasa tanpa berbinar…Aku sangat bersyukur, di usia seperempat abad ini aku masih memiliki waktu untuk sekedar menapaki ingatan masa lalu.
Masih memiliki kesempatan untuk menggoreskan segala harapan dan pikiran di benakku. Menatap perjalanan sepanjang 25 tahun ini adalah menatapi sebuah rangkaian tulisan yang penuh makna dan siratan. Rentetan tulisan itu memuaikan rasa syukur yang mendalam terhadap semua kebaikan-Nya, semua kasih sayang-Nya dan semua petunjuk serta ampunan-Nya.

Di usia seperempat abad ini, aku bersimpuh sujud syukur kepada-Nya…atas semua keindahan dan kebaikannya yang ia berikan kepadaku..
Walau perjalanan hariku terus tertatih-tatih pada duri-duri ketidaksabaran dan kebimbangan…
Aku tak harus berharap seperti Gibraltar yang seusiaku mampu memimpin pasukan muslim memerangi Romawi di Spanyol, sampai namanya hingga kini diabadikan menjadi sebuah nama terkenal bernama Selat Gibraltar,
Aku juga tak mau berharap seperti Joseph Broz Tito yang kala seusiaku sudah mampu memobilisasi kaum Partizan Yugoslavia guna memerangi pendudukan Jerman,
Aku juga tak pernah bermimpi seperti John Terry yang tepat seusiaku dengan penuh percaya diri memimpin rekan-rekannya di Chelsea untuk menaklukkan daratan sepakbola Eropa.
Biar-biarlah..bila jendela waktu dan takdir membawa rekan2ku ke perjalanan yang makin menuju kemapanan..
Syukur-syukurlah..bila pintu-pintu lorong waktu telah membawa mereka ke peran yang baru dalam hidupnya…

Biarlah aku terus pula berjalan perlahan…karena;
Aku hanya ingin menjadi seseorang yang lebih baik dari hari ke hari mulai detik ini…
Aku hanya ingin menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain walau hanya dengan sedikit mulai menit ini..
Aku hanya ingin menjadi seseorang yang mampu menginsipirasikan sebuah perubahan ke arah yang lebih baik walau sekecil apa..mulai jam ini..
Aku hanya ingin menjadi seseorang yang lebih dekat dan menyayangi-Nya mulai hari ini….

Perjalanan menyusuri dimensi waktu yang baru akan aku mulai beberapa jam lagi..
Terus menapak dan menapak..
Lalu kemudian menyerahkan semuanya pada sang waktu yang pongah
Untuk apakah aku tertulis di buku sejarah atau tidak,
Apakah aku tertulis dibagian muka, tengah atau bab penutup buku tebal peradaban
Untuk apakah aku tertulis di batu nisan dengan nama yang kemilau atau kusam,
Apakah aku ada di sudut makam yang menebarkan pesona keberanian..atau di sudut makam yang menyiratkan kegelapan….

Lebih Peduli pada karakter Anda daripada reputasi Anda. Karakter Anda adalah siapa Anda sebenarnya, sementara reputasi hanyalah apa yang orang lain pikirikan tentang Anda.
-John Wooden

Semangat ini aku dedikasikan untuk mereka yang telah akan dan selalu berdiri rapat di-sekitarku, yang dengan jalannya masing-masing membentuk karakter-ku menjadi orang yang lebih baik..
Terima kasih untuk kalian yang mau bertahan di kala amukan badai, terpaan dingin dan angkuhnya gelombang pasang perjalanan hari..

Selamat Ulang Tahun Gaizka..
Nice Guy Finish Last….



No comments: