Saturday, July 28, 2007

Kabar Kabari dari Indonesia

Tak terasa, 'tugas' pulang ke Jakarta selama sebulan sudah berlalu. Sekarang aku sudah di Melbourne lagi. Nah, hitung-hitung sebagai oleh2 dari Indonesia, berikut beberapa update berita dari tanah air:
1) Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan tuntutan penghapusan salah satu pasal di UU 32/2004 tentang Pemda yang berkaitan dengan keharusan bagi calon kepala daerah diajukan oleh partai politik. Implikasinya, calon independen kini bisa bersaing di Pemilu nasional maupun lokal. Namun demikian masih dibutuhkan perangkat peraturan perundang-undangannya. Layak ditunggu apakah wacana calon independen di pemilu kita bisa terus bergulir, karena banyak pihak yang masih berusaha menggagalkannya.
2) Kendati timnas sepakbola gagal melangkah ke babak selanjutnya, pencapaian Indonesia sebagai salah satu tuan rumah Piala Asia terhitung sukses. Antara lain lewat rekor penonton sebanyak lebih dari 270 ribu sepanjang keseluruhan babak grup. Rekor ini tak lepas dari jumlah penonton di laga tim merah putih yang rata-rata berjumlah 80 ribu penonton. Ini membuat presiden FIFA Sepp Blatter tertarik untuk menyaksikan babak final yang juga akan diselenggarakan di GBK Jakarta. Tambahan lagi, permainan timnas Indonesia yang penuh semangat dan determinasi, mengundang banyak simpati dari para bolamania nasional.
3) Tidak seperti yang aku pikir, ternyata Trans TV dan TV7 tidaklah merger, melainkan TV7 diakuisisi oleh TransCorp perusahaan induk Trans TV, sehingga berubaha nama menjadi Trans7. Selain terkenal dengan acara talkshow 'Empat Mata' bersama Tukul, berdasar pengamatanku, Trans7 banyak menyuguhkan program lokal yang sarat dengan muatan pendidikan dan pengetahuan. Ini bisa dilihat dari beberapa macam programnya macam: 'Asal-Usul', 'Laptop si Unyil', 'Si Bolang (Bocah Petualang)' sampai 'Reportase'. Pendeknya, menurutku, Trans7 coba menghadirkan acara televisi yang berbeda - tidak melulu berisi acara2 'cemen'.
4) Nama Lampung, mulai terangkat di layar kaca. Ini berkat sepak terjang Chelsea Olivia yang melejit namanya lewat beberapa sinetoron ABG. Akhir-akhir ini, cewek berparas mirip Leony trio Kwek2 juga rajin mondar mandir di infotainment, berkat kisah pacarannya dengan sesama pesinetron muda - Glen Alinsky. Tak hanya Chelsea, nama Lampung juga ikut melejit lewat kiprah sebuah band yang diklaim kampungan oleh mayoritas warga Jakarta. Siapa lagi kalo bukan Kangen Band? kendati kerap dicemooh sebagai band kacangan yang beraliran pop melayu, mereka sukses diikat oleh salah satu label besar yaitu Warner Music Indonesia dan mencetak platinum lewat penjualan 300 ribu keping kasetnya. Tambah luar biasa lagi, karena personil dari Kangen Band sesungguhnya adalah rakyat jelata belaka. Sebut saja sang vokalis (Andhika) yang aslinya berprofesi sebagai tukang cendol keliling, sementara rekannya yang lain pernah berpofesi sebagai tukang bangunan, tukang jual nasi uduk, sampai tukang bengkel.
5) Impian untuk naik transportasi publik yang nyaman, aman dan terintegrasi sudah hampir terwujud di Jakarta. Saat ini busway atau sistem bus Transjakarta sudah punya 10 koridor yang saling terhubung. Perpindahan jalur antarkoridor pun tidak dipungut biaya tambahan, sehingga tak heran jika di banyak masyarakat tertarik naik busway dibandingkan naik bus Patas atau Taksi. Sebagai contoh, dari Matraman, aku bisa sampai ke Benhil dengan biaya Rp3,500.- dalam waktu 45 menit via 2 Koridor. Kendati masih banyak yang perlu diperbaiki, busway bisa dibilang salah satu andalan kita-kita yang tak memiliki kendaraan pribadi.
Sekian dulu Kabar-kabari-nya.

2 comments:

valiant said...

kadang gw lebih milih naek bus biasa either AC or pengap daripada naek busway. apalagi pas pindah2 koridor. gw maren pulang dari dufan naek busway, pas mo pindah jalur di senen.. mak antrinyaa.... blon ntar pindah lagi di harmoni... ga kebayang deh!
kalo dah sore sebetulnya dah ga peduli transportnya. yang penting mana yg cepet ada aja lah. biar bisa terus tidur kekekekekekke

daripada ngantri berjam2 nungguin qantas. lho?

Gatoso said...

Heheh, elo belon jago nyelip2 di antara kerumunan orang berarti^^ Bagi gua sih Busway is the best^^