Saturday, March 10, 2007

Emang Ngapain Sih?

Semester ini aku kuliah riset. Gak tanggung2, ada 2 mata kuliah yang harus diambil: Research Method dan Research Proposal. Kuliah yang pertama tentang metode penelitian dan ilmu2 statistik yang digunakan. Sementara kuliah yang kedua mengenai proses riset yang baik, guna mendapatkan hasil penelitian yang baik.

Untuk sementara ini, topik riset yang aku ambil adalah tentang keterkaitan antara informasi laporan keuangan dan reaksi investor di pasar modal dalam lingkup penerapan standar akuntansi yang baru di Australia. Lebih spesifik lagi, topiknya menyangkut reaksi investor terhadap informasi pajak tangguhan (deferred income tax) yang berasal dari revaluasi aktiva tetap. Sebagai informasi, perusahaan di Australia di tahun 2006 mulai mengadopsi standar pelaporan keuangan berbasis internasional (disebut dengan A-IFRS), yang mana, Indonesia sudah menerapkannya sejak tahun 1980an (PSAK kita saat ini telah mengadopsi IFRS, kendati belum sepenuhnya mengadopsi IFRS keluaran terbaru).

Mengapa topik itu yang dipilih? Menurut supervisorku, topik ini cukup layak dijual di Amerika dengan kata lain menawarkan sesuatu yang berbeda kepada mereka, karena US GAAP (PSAKnya Amerika) sampai saat ini tidak mengizinkan ada revaluasi aktiva tetap. Selain itu, menarik juga untuk dilihat apakah perubahan standar akuntansi di Australia, khususnya standar akuntansi tentang pajak (AASB 112 -Income Taxes) memberikan tambahan informasi kepada para investor di pasar modal (value relevance) dibandingkan standar akuntansi yang lama.
Kendala yang dialami saat ini adalah masalah sampel penelitian. Research setting di atas, yang membutuhkan data revaluasi aktiva tetap dan pengungkapan efek revaluasi terhadap pajak tangguhan, ternyata tidak banyak dilakukan oleh perusahaan Australia di tahun 2005-2006. Dari 500 perusahaan yang aku lihat, sebagai data awal, hanya sekitar 39 perusahaan saja yang memberikan informasi yang dibutuhkan.

Jadi? Terus berjuang sampai garis akhir deh...

1 comment:

deNita said...

salam kenal..saya mahasiswa yg lagi belajar dan banyak hal yang belum..
jd sya mo nanya
reaksi investor itu ditunjukkan dalam indikator apa aja ??

saya bisa cari dimana ya..informasi tentang reaksi investor??

Makasih