Friday, November 16, 2007

Tips Persiapan Sekolah S2

Ada beberapa pertanyaan yang masuk ke meja redaksi (gubrakk), mengenai persiapan mental jika ingin kembali ke bangku sekolah. Utamanya jika tujuan mereka bersekolah S2 ke luar negeri untuk jangka waktu 1,5 sampai 2 tahun ke depan. Berikut beberapa hal yang patut dipersiapkan.

1. Perjelas tujuan Anda bersekolah;
Apa tujuan Anda bersekolah? sekedar memenuhi obsesi pribadi, koleksi gelar, ingin jalan2 ke luar negeri, menambah pengetahuan atau membuka kesempatan karier yang lebih maju di masa depan? Layaknya orang berlayar di lautan, Anda harus memiliki tujuan yang jelas, tentang pulau apa yang akan anda tuju nantinya. Jika tidak, semua waktu, uang dan tenaga yang dikeluarkan demi sekolah S2 tersebut menjadi sia-sia. Hal ini luar biasa penting. Karena setelah Anda bersekolah, Anda akan dihadapkan pada pilihan berikutnya: 'Mau apa setelah rampung kuliah S2-nya?'.

2. Kumpulkan pengalaman kerja dan relasi yang sebanyak-banyaknya;
Ada beberapa keuntungan jika Anda memiliki kedua hal di atas. Dengan pengalaman kerja yang memadai, tentu Anda akan lebih bisa menikmati proses perkuliahan di tingkat master. Karena sistem belajar di tingkat master akan lebih menekankan kepada aspek praktis dan analitis ketimbang aspek dogmatis dan deskriptif. Tambahan lagi, dengan pengalaman kerja yang memadai, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk magang kerja di perusahaan-perusahaan luar negeri. Selanjutnya, jika Anda memiliki relasi kerja yang banyak, kemungkinan besar setelah Anda lulus kuliah Master, Anda tidak akan kesulitan untuk mencari kesempatan kerja atau peluang bisnis. Perlu diingat, dengan kualifikasi Anda yang lebih tinggi, setelah bergelar Master, secara psikologis, Anda tentu mengharapkan gaji yang lebih tinggi pula. Dan hal itu tentu bukan pekerjaan yang gampang. Dengan memiliki relasi kerja yang luas plus pengalaman kerja yang sudah layak, kemudian dipadukan dengan gelar Master yang Anda miliki, maka pekerjaan yang Anda idam-idamkan pun bisa mudah digapai.

3. Selesaikan urusan internal Anda;
Sekolah di luar negeri dalam jangka waktu cukup lama tentu membutuhkan suatu persiapan yang khusus. Terlebih jika Anda memilih negara yang letaknya cukup jauh dari Indonesia, sehingga membuat Anda kesulitan untuk pulang secara rutin ke tanah air. Urusan internal ini antara lain berkaitan dengan komitmen terhadap pacar, orang tua, keluarga maupun organisasi. Kelihatannya sepele, tapi jika ini tidak diberesi terlebih dahulu, maka Anda akan kesulitan untuk berkonsetrasi dalam studi. Sebagai contoh, jika Anda memiliki komitmen membantu keuangan orang tua, layak untuk dipikirkan, tentang bagaimana Anda tetap bisa mencukupi kebutuhan mereka selagi Anda bersekolah. Begitu juga dengan pasangan Anda. Jika mereka tidak bisa ikut bersama Anda, penting untuk dibicarakan mengenai komitmen macam apa yang Anda tuntut, selama Anda dan pasangan berjauhan.

4. Pastikan biaya pendidikan Anda 'aman';
Jelas ini tak kalah pentingnya. Jika Anda menggunakan biaya sendiri, pastikan Anda memiliki tabungan yang cukup untuk membiayai pendidikan Anda sampai lulus. Ada baiknya tabungan tersebut disimpan dalam mata uang negara tempat Anda belajar. Ini untuk menghindarkan risiko perubahan nilai mata uang yang signifikan di masa datang. Jika Anda menggunakan biaya dari sponsor, pastikan bahwa Anda mematuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh sponsor Anda.

Selamat bersekolah kembali! Penting buat diingat bahwa tidak banyak anak bangsa ini yang memiliki kesempatan untuk sekolah S1. Jika Anda memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan S2, maka Anda termasuk orang-orang yang terpilih & beruntung. Untuk itu maksimalkan kesempatan yang Anda. Semoga sukses!

3 comments:

widi_cute said...

thankss....

Stevani Rozalin said...

hope i will get those opportunities.makasih buat infonya^_^

aslam baihaqi said...

thanks, god bless u.