Tuesday, April 18, 2006

Arab? Bangali? Indian? Chinese?*($*#@*)(

Kadang kala agak repot bagi kita kalo punya wajah yang mewakili cukup banyak etnik di seluruh dunia. Macam-macam aja orang nebak asalnya dari mana. Kalo tebakannya betul sih, gak papa, tapi kalo tebakannya salah dan ternyata jauh panggang dari api...nah itu yang repot...:p. Aku pernah dikira berasal dari Arab. Ceritanya dimulai pas waktu aku melewati jalan di Clayton di mana ada beberapa anak2 ABG gaul Aussie lagi main skateboard dan sepeda BMX. Dengan gaya sok Afro America, mereka menyapaku...
ABG Gaul: Hi, Dude...how are you doing?
Aku: Fine man... (gak kalah gaul-nya)..thank you...
ABG: Want to go to school?
Aku: Yeap...
ABG: Nice...where are you come from? Middle east? Arab?
Aku: Nope, I am from Ivory Coast...(yg ini boong-an)..
------------------------
Pengalaman selanjutnya pas waktu acara makan-makan mahasiswa baru kampus Caulfield. Waktu itu kebetulan penyedia kateringnya adalah restoran India, gak heran kalo pelayannya banyak dari negeri Bollywood itu. Saat aku ngantri mau ambil martabak telor, si penjaga meja menyapaku untuk sekedar berbasa-basi,
Bollywood: Are you Bangali?? (dengan kepala yang gerak-gerak...)
Aku: No, I am not..I am from Vietnam (biar mampus tambah bingung tuh orang...).
------------------------
Cerita berlanjut pas aku lagi nunggu trem 03 ke Caulfield Park untuk bermain sepakbola. Karena waktu itu hari Sabtu, jeda antara trem yang satu ke trem yang lain lumayan lama. Saat aku menunggu datanglah seorang bule gemblung setengah teler menyapaku.
Bule gemblung: Hi mate, waiting for the trem?
Aku: Yeah...I've been waiting for 15 minutes though.
Bule gemblung: Yups, coz this Saturday. Anyway, are you a student? Monash?
Aku: Yups. in Caulfield Campus
Bule gemblung: Ok. My name is Ted..I came from Greece, you know Greece? Are you from Indian? ...
*Abis basa-basi gitu dia minta uang $2 buat beli rokok katanya. Tapi point-nya dia nyangka aku dari India...dasar gemblung.
-----------------------
Ternyata2 tebak2an tentang darimana negara asalku tidak berhenti di situ saja. 3 hari yang lalu, seorang mahasiswa (baru)-pria dan berasal dari Cina kayaknya, memintaku untuk mengambil fotonya dekat papan bertuliskan Monash University. Karena mood lagi baik, aku dengan senang hati mengambil fotonya. Jeprat-jepret sana sini, eh si Dodol tiba-tiba nyeletuk...are you from CHINA?? wekss...secara dari warna kulit udah jauh gitu loch. Langsung aja Aku nyengir kuda ke dia..:p
Gak berhenti sampai di situ, kemarin, waktu aku tutoring akuntansi, si mahasiswa nanya aku berasal dari negara mana. Belum sempat aku menjawab, langsung aja dia nebak, are you from China? Cantonese? Hongkong? or other parts?...wekss..langsung aja gua bilang, kalo gua dari Ngindonesia Raya, negeri dengan 13,000 pulau dan tetangganya Australia...punya pemandangan yang indah sampai dijuluki jamrud khatulistiwa, etc..etc..etc..hehehee.
Berkaca dari tebak-tebakan ngawur itu,sekarang aku jadi sering lihat2 kaca, dan bertanya...bagian mana dari wajahku yang mirip orang China? atau karena aksen English-ku? Haiya..owe olang Ngindonesia ngasli plibumi dali Jawa...bukan anaknya Baba Liong...
Anybody can help me to explain this?

3 comments:

Anonymous said...

dari kacamata yang tebel itu lho tot.... bagaikan teleskop...jadi matamu kelihatan kecil... jadi kayak chinese...(coba lihat dari binocular terbalik..., segala sesuatu kelihatan lebih kecil kan...?):-))))))))

Anonymous said...

dari kacamata yang tebel itu lho tot.... bagaikan teleskop...jadi matamu kelihatan kecil... jadi kayak chinese...(coba lihat dari binocular terbalik..., segala sesuatu kelihatan lebih kecil kan...?):-))))))))

Anonymous said...

untung gak dipanggil koh....
kaloiya kan jadi koh tot..which is klo cepet diucapkan jadi kotot....(translate: dagigng alot)...hik..hik..hik...
Sorry friend bercanda....
TETAP SEMANGAT....

Btw, ajarin nge-blog ya....