Tuesday, August 01, 2006

Semester 2

Sempet libur nge-blog beberapa saat, sekarang saatnya buat sedikit bercerita. Cerita dimulai dengan kisah perkuliahan semester 2, hohohoh.
***
Setelah shopping mata kuliah selama seminggu, akhirnya di-minggu ketiga perkuliahan ini, aku sudah memutuskan mata kuliah apa aja yang akan diambil. Ada perbedaan yang sangat mencolok antara kuliah semester 1 dan semester 2. Di semester 1, genre yang aku anut adalah kuliah2 finance yang sangat praktikal, bombastis dan kadang sedikit fancy, di semester 2 ini genre yang aku pakai adalah theoritical and research based. Mata kuliahnya seharusnya seru, tapi gak tahu kenapa dosen yang ngajar alirannya memang aliran teoritis dan senang mendiskusikan research paper dibandingkan membedah praktik-praktik di-dunia akuntansi yang nyata.

Aku sih berpikir positif saja, mungkin ini saatnya aku untuk kecebur ke dunia riset dan teori2 ngawang2, setelah sebelumnya duduk nyaman di zona 'praktisi'. Lagian, kombinasi antara pengalaman di dunia praktik dan bacaan soal temuan-temuan riset terbaru akan membuat aku lebih 'bijak' dalam memandang fenomena dunia akuntansi dan bisnis. Satu yang pasti, semester 2 ini terasa lebih berbeda aja. Aku serasa menaiki rakit di sungai yang mengalir tenang, dibandingkan semester lalu yang serasa menaiki sebuah ban terapung di tengah gelombang laut yang ganas. Tapi, prinsip kewaspadaan juga tetap dijaga, siapa tahu saja di balik sungai yang mengalir tenang itu tersembunyi pusaran air yang besar atau mungkin juram yang dalam. Bottom line-nya adalah terus berdoa, bekerja dan berusaha.

Mata kuliah yang diambil semester ini adalah Advanced Management Accounting, Advanced Auditing and Professional Practice, Financial Reporting Issues dan Instiutional Assets and Liabilities Management. Kuliah yang terakhir sama sekali bukan mata kuliah akuntansi, tetapi lebih kepada risk management di bank. Aku ambil mata kuliah itu, karena aku sangat awam sama bank dan sejenisnya. Soalnya siapa tahu nanti aku diminta jadi Komisaris bank, hehehe, jadi kan harus tahu seluk beluknya...:p. Advanced Auditing bicara banyak soal audit dari sisi temuan-temuan riset terbaru, sekaligus menguak fenomena2 audit supply and demand, audit quality, fraud, internal control, human judgement in auditing sampai ke industry specialist in audit. Financial reporting issues lebih fokus ke issue earning management di mana kita akan diberi sebuah project untuk mendesain model yang bisa digunakan untuk mendeteksi earning management. Advanced management accounting, lebih teoritis dan ngawang2. Yang bikin asik karena dosennya baik dan senang menabung, makanya aku ambil semester ini, heehhe.

Itu aja, detail cerita soal kuliahnya, nanti bakal aku tuangkan di blog terpisah, moga2 sempat bikinnya, soalnya kadang masih sering asik main Hattrick, hehehe. Oya satu lagi, untuk kuliah yang audit, aku diminta presentasi paper punya dosen-ku yang pernah ia presentasikan di konferensi American Accountant Association tahun lalu. Hehheh, bangga juga sih diminta gitu (padahal dipilihnya random..:p), doain aku bisa mempresentasikan kembali model2 risetnya dengan baik. Ayo...ayo teman2, kuliah lagi, biar tambah pintar bangsa kita..:D.

No comments: